Berita

Strategi Pembangunan Desa Pasar Baru

  • Penulis: sidekaadmin, 09-09-2016 14:10
  •        Strategi Pembangunan Desa
    Strategi pembangunan Desa Pasar Barulebih diorientasikan pada hal-hal sebagai berikut :

    1.    Good Governance
    Perubahan Paradigma dari goverment menuju good governance yang semula pemerintah pusat sebagai motor penggerak pembangunan menciptakan pola pembangunan yang sentralistik. Dengan perubahan kearah good governance diharapkan pola pembangunan di Desa Pasar Baruberdasarkan partisipatif dari masyarakat sehingga pembangunan dapat berjalan dengan transparan dan akuntabel.
    Untuk mewujudkan citra pemerintah desa ke arah goog governance langkah langkah konkret yang perlu diambil oleh pemerintah desa adalah :
    Ø  Meningkatkan kapasitas dan keberpihakan pemerintah desa kepada masyarakat untuk mencapai tata kelola yang baik
    Ø  Meningkatkan profesionalisme perangkat desa dan kelembagaan melalui pendidikan dan pelatihan sehingga mampu bekerja secara efisien dan efektif
    Ø  Meningkatkan pemberdayaan masyarakat dengan menggunakan langkah – langkah sebagai berikut :
    §   Mengeluarkan produk hukum seperti Perdes tentang RPJMDes, keputusan Kepala Desa tentang RKPDes dan Perdes tentang APBDes yang dapat dijadikan acuan kerja yang berpihak pada masyarakat, mudah dimengeti, memungkinkan untuk dapat dilaksanakan atau realistis
    §   Menyelenggarakan penatausahaan, pengadministrasian dan pertanggungjawaban Pengelolaan keuangan desa tepat waktu disiplin dan tertib anggaran.
    §   Memberikan kesempatan yang luas dan adil kepada masyarakat untuk terlibat dalam penggalangan dana dan pelaksanaan pembangunan desa melalui pola swadaya.

    2.    Pertumbuhan Ekonomi
    Pembangunan Desa dilaksanankan dengan keterlibatan masyarakat dan pemerintah desa secara proposional sebagai pelaku-pelaku pembangunan. Untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi Desa Pasar Baruperlu digali sumber-sumber pendapatan lain selain ADD maupun kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di desa oleh dinas instansi pemerintah kabupaten. Salah satunya adalah dengan melakukan kerja sama dengan pihak ketiga melalui BUMDes. Kedepan diharapkan BUMDes berperan sebagai badan yang usaha yang dapat menjalin kerjasama dengan seluruh pelaku usaha baik yang bergerak pada sektor formal dan inyang bertujuan formal dan informal yang bertujuan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa mendorong pertumbuhan ekonomi desa, memperluas pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya termasuk kesempatan berusaha dan lapangan kerja. Maksud Pembentukan BUMDes adalah untuk mendirikan suatu badan usaha yang sesuai dengan kewenangan desa, mampu memnberikan pelayanan kepada masyarakat, menggerakan pereekonomian desa dan pada akhirnya memberikan kontribusi pendapatan.

    3.    Pemberdayaan Masyarakat.
    Kegiatan pemberdayaan masyarakat Desa Pasar Barudiarahkan secara menyeluruh dan terbuka luas bagi masyarkat untuk dapat terlibat langsung dalam proses identifikasi masalah, pemecahan masalah, penyusunan perencanaan dan pengawasan. Maka pola pembangunan yang terbentuk adalah dari masyarakat, olh masyarakat dan untuk masyarakat.