Sejarah Desa

A. SEJARAH DESA
1. Asal Usul / Legenda Desa
Desa Pasar Baru merupakan desa yang berada diatas permukaan laut, karena wilayah tersebut hampir seluruh wilayah permukimannya berada diatas tanah. Desa Pasar Baru termasuk dalam wilayah Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu Propinsi Kalimantan Selatan. Asal usul Desa Pasar Baru menurut cerita orang-orang tua dahulu asal mula adanya wilayah ini bermula dari pemekaran Kampung Kota Pagatan pada Tahun 1925, dan dinamakan Desa Pasar Baru karena pemindahan letak pasar Kecamatan, dari Pasar Lama yang terletak di kampung Kota pagatan yang sekarang bernama Desa Kampung Baru.
Kampung Kota Pagatan dulunya adalah pusat perekonomian Kewedanaan Pagatan, karena terletak di diujung Kota Pagatan, dan memiliki pelabuhan tempat bersandarnya kapal atau ketinting yang merupakan satu-satunya alat transportasi baik dari pagatan menuju hulu maupun sebaliknya.
Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya penduduk maka pusat perekonomian bergeser ketengah Kampung Pagatan dan karena pelabuhan yang berada disepanjang Sungai Kusan diaktifkan sebagai tempat bersandarnya Kapal dan ketinting, sehingga yang dulunya Pasar berada di ujung Kota Pagatan bergeser ketengah Kota Pagatan.
Sebelum menjadi Pasar Baru nama dari pasar yang berada di tengah Kampung Kota Pagatan adalah Pasar Payung kenapa dikatakan Pasar Payung karena ditengah-tengah pasar berdiri sebuah Payung Raksasa/besar yang mana diperuntukkan tempat berjualan beras oleh pedagang. Lama kelamaan Pasar Lama yang sebagai Pusat Perekonomian dipindah kepasar payung dan dan pasar payung berganti namanya menjadi PASAR BARU.
Pada Tahun 1925 Kampung Kota Pagatan dimekarkan dan salah satu dari pemekaran adalah Desa Pasar Baru.
Wialayah Desa Pasar Baru sangat luas dan penduduknya semakin bertambah sehingga pada tahun 1977 wilayah tersebut oleh pemerintah dibagi menjadi 2 (Dua) wilayah yaitu Desa Batuah dan Desa Pasar Baru ini sendiri.
Dan pada tahun 1977 wilayah Desa Pasar Baru dibagi lagi oleh Pemerintah menjadi 2 (Dua) wilayah yaitu Desa Pagarruyung dan Desa Pasar Baru ini sendiri, hingga sekarang.

B. SEJARAH PEMERINTAHAN DESA
1. Sejarah Pemerintahan Desa

Nama-nama Kepala Desa Pasar Baru
No Periode Nama Kepala Desa Keterangan
1. 1925-1944 ABDUL HAMID Kepala Kampung Pertama
2. 1944-1970 RAJEDI Kepala Kampung / Desa
3. 1970-1975 DARHAM Kepala Desa
4. 1975-1985 M. SUBLI Kepala Desa
5. 1985- 2004 M. KURDI AR Kepala Desa
6. 2004-2010 SYAIFUL ANWAR Kepala Desa
7. 2010-2016 ZAINAL ILMI Kepala Desa
8. 2017-2023 ZAINAL ILMI Kepala Desa